gerakan iqro'

Manusia Pembelajar Sejati; Demi Pena dan Apa-Apa yang Dituliskannya

 
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
MEMBUMIKAN GERAKAN IQRO ALA IRM
Selasa, 25 Desember 2007

Oleh : Team PIP PD IRM Ponorogo[1]

Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) sebagai organisasi dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang bergerak dikalangan pelajar dan remaja mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas “luar-dalam”. Dengan demikian mereka mampu bersaing dalam percaturan dunia global dengan jiwa kemandirian yang mempunyai jati diri sebagai manusia, yaitu manusia yang mempunyai tanggung jawab untuk membangun peradaban, menegakkan nilai-nilai universal kemanusiaan sebagai khalifah Allah dimuka bumi sekaligus menyadari dirinya sebagai bangsa yang memiliki harkat dan martabat dihadapan bangsa lain.
IRM mencantumkan KeIslaman, Keilmuan, Kekaderan, dan Kemasyarakatan sebagai visinya perlu mencari langkah strategis terkhusus pada pencantuman visi Keilmuan sebagai tulang punggung pergerakan ini. Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan mengkonsentrasikan gerakannya ke arah terciptanya tradisi ilmiah yang obyektif dengan penguasaan teknologi tepat guna dengan mempertimbangkan aspek kemanusiaan dan spiritualitas, juga di arahkan pengembangan wawasan kader yang berorientasi pada pembentukan wacana kedepan dalam konteks persaingan global. Apalagi merk gerakannya yang ilmiah, kritis, inovatifdan kreatif selalu disertakan setiap langkah gerak bidang ini.
Untuk merealisasikan misi perjuangan IRM dalam pengembangan ilmu pengetahuan, bidang PIP diberi amanat untuk menjalankan program besar. Lewat bidang ini di harapkan terjadi perubahan dan perkembangan yang revolusioner dalam meningkatkan kemampuan skill dan intelektual (membaca, menulis, dan meneliti) yang kritis dan transformatif serta bermental advokatif.
Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan IRM, salah satu bidang dari organisasi Ikatan Ramaja Muhammadiyah yang mempunyai jaringan luas dari pusat, wilayah atau propinsi, daerah atau kabupaten dan cabang atau kecamatan serta ranting (desa atau sekolah) yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Bidang ini yang membawai kampanye keilmuan sebagi satu agenda besarnya. PIP diharapkan mampu memberikan kontribusi gerakan riil untuk kemajuan minat baca buku dan pengembangan pengetahuan. PIP hadir dengan jargon “manusia pembelajar sejati” untuk menyikapi kondisi masyarakat remaja masa kini yang tak punya hasrat membaca dan enggan menjadi manusia pembelajar. Maka PIP mengusung gerakan kultural dengan kampanye baca buku. PIP suka maju, suka ilmu dan suka baca buku. Itu saja harus menginternalisasi seperti halnya tri tertib IRM tahun 90-an dengan menambah daya kritis dan kreatifitas. Kita tidak boleh menyerah pada ideologi sekolah mahal.
Kita tidak mau terperosok dalam lubang yang sama, maka kita harus rela belajar dari sejarah, demikian pesan dari jas merah Soekarno. Bukan bermaksud mengembalikan rezim Belanda menduduki negeri ini, tapi alangkah banyak hal yang mesti kita pelajari dari mereka termasuk budaya membaca mereka yang luar biasa!! Learning by doing, bisa karena terbiasa, dan terbiasa karena sudah bisa. Sangat mungkin, sukses karena membaca !!!
Idealnya, semakin sering menulis semakin besar frekuensi membaca dan sebaliknya sebab seperti yang dikatakan oleh Taufiq Ismail bahwa kebiasaan menulis tidak dapat dipisahkan dari hobi membaca, membaca adalah saudara kembarnya menulis”. Beliau juga pernah memberi pesan pada keluarga besar IRM di seluruh Indonesia untuk terus berkarya tulis dan giat membaca : “baca, baca, baca, tulis, tulis, tulis” !, demikian pesannya.
Semangat baca tulis merupakan semangat yang senantiasa dibangun dilingkungan pergerakan IRM dalam segala tindak-tanduknya yang juga termuat dlam logo IRM, Nuun Walqolami Wamaa Yasturuun, “demi pena (tulis) dan apa yang ditulisnya (baca)” sehingga kita bisa menarik kesimpulan apabila semangat baca tulisnya itu sudah memudar atau hilang maka peran vital IRM tersebut terancam musnah dari jiwa pergerakan.Dan ruang lingkup bidang ini adalah pelajar dan remaja yang tersebar diberbagai sekolah dan komunitas. Maka bidang ini mepunyai banyak potensi optimis untuk bis menggapai tujuan yaitu masyarakat “pembelajar”. Secara spesifik sebenarnya ada beberapa potensi yang kita miliki dalam melakukan gerakan keilmuan antara lain adalah : Pertama, untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya pelajar/remaja sehingga mampu memberi kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Kedua, untuk meningkatkan pengetahuan dan penguasaan tekhnologi mutakhir sehingga mampu bersaing dalam kehidupan yang semakin kompetitif dan dalam menghadapi dinamika globalisasi komunikasi. Ketiga, meningkatkan kesadaran remaja dan pelajar akan pentingnya membaca dalam rangka melakukan perubahan yang mendasar akan semakin merosotnya minat baca-tulis dilingkungan masyarakat. Dan yang terakhir adalah, mengembangkan karya tulis pelajar/remaja dengan melakukan berbagai pelatihan yang dapat membina dan memberdayakan potensi peljar/remaja. Di satu sisi pelajar dan remaja diharapkan menjalankan fungsi sebagai agent intelektual ; namun disisi lainnya berfungsi sebagai kelompok ilmiah remaja yag aktif melakukan kajian dan diskusi masalah ilmu pengetahuan yang terus berkembang serta memberikan layanan konsultasi penulisan karya tulis kepada pelajar dan remaja. Tiada kata terlambat untuk menumbuhan semangat optimisme dalam menghadapi perubahan sosial (transformasi Sosial) di tengah peradaban modern. Seluruh element bangsa harus bahu-mambahu memikul dan menjinjing setiap tantangan yang sedang kita hadapi. Sudah tiba waktunya untuk bangkit bersama menggali setiap potensi remaja secara kreatif dan inovatif melalui berbagai macam startegi sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kemajuan peradaban bangsa Indonesia.
[1] Anggota Arief Kurniawan, Diah Erlina, Muhammad Basuki, Rilla Setyaningsih
posted by arief @ 21.53  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: arief
Home: Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
About Me: Terlahir dengan nama Arief Kurniawan, sekarang lagi mempopulerkan diri di dunia maya www.arief-sastra1.blogspot.com, facebook: che_kurnia@yahoo.co.id email: arief_sastra1@yahoo.com ^_^ dilahirkan dg normal digubuk reyot orang tuanya dg bantuan seorang dukun pd Ahad pahing, 16 Maret 23 tahun yg lalu. Sejak kecil hoby menulis, apa yang ada dlm pikiran kucoba rangkai dg kata2, kutulis dg pena atau kutuntun jemariku mengetik semua keluh kesah & pikiran yang ada. Hanya manusia biasa, tak sebaik malaikat & semoga tak sehina iblis. selalu berusaha utk selalu dekat dengan ALLAH SWT. Tiap shubuh hobby, mem-play winamp musik-musik kitaro atau murattal-nya Ustadz Sa’ad Al Ghomidy, saya menemukan sebuah kedamaian di sana. Banyak teman, tapi tak banyak sahabat. Mahasiswa Mahasibuk yang punya kerjaan sampingan jadi kuncen gunung Wilis dan penulis lepas di beberapa media serta aktif di organisasi dakwah. Bisa ditemui di gedung dakwah jl. Jawa 38 atau Gedung Central Group Ponorogo Jl. Batoro Katong 15 dan di Jl. Wilis 22, lebih tepatnya di depan komputer mencari ide dan menulis kata hati atau apapun yang bisa ditulis. Bisa dihubungi di nomor 0352 488676 atau 085645813815
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Powered by

BLOGGER

© 2005 gerakan iqro' Blogspot Template by Isnaini Dot Com